Berita Indonesia Hari Ini

Senin, 05 Juni 2023

Dokter Satgas Yonif 527/BY Laksanakan Khitan Darurat pada Antonius

| Senin, 05 Juni 2023

 

Letnan Satu Ckm dr. Roldus Andy Bunga saat mengkhitan Antonius. Foto: istimewa


KSK News, Paniai - Dokter Satgas Yonif 527/BY Letnan Satu Ckm dr. Roldus Andy Bunga dibantu bintara kesehatan melaksanakan khitan darurat kepada Antonius Gobay (24) warga Kelurahan Madi di Kecamatan Paniai Timur, Papua Tengah.

Tindakan tersebut dilakukan atas permintaan salah seorang warga Madi yang datang ke Kotis Satgas Yonif 527/BY yang menyampaikan, bahwa temannya mengalami masalah pada kemaluannya sehingga terasa nyeri dan agak bengkak. Setelah mendapat laporan tersebut Dansatgas Letkol Inf Ragil Jaka Utama, S.Hub.Int kemudian menginstruksikan tim kesehatan untuk mempersiapkan peralatan kesehatan dan mendatangi rumah warga tersebut.

”Setelah kami memeriksa warga tersebut ternyata warga tersebut mengalami kondisi di mana kulup kemaluannya tidak dapat ditarik kembali kedepan, sehingga menyebabkan nyeri dan bengkak dalam bahasa medis kondisi ini disebut Parafimosis yang hanya dialami pria yang tidak disunat,”ujar Dokter Satgas Yonif 527/BY dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin, 5 Juni 2023.

Dokter Satgas Yonif 527/BY menyarankan agar dilakukan khitan darurat agar kondisi ini tidak berulang lagi dan saat itupun warga tersebut setuju untuk dilakukan prosedur khitan darurat.

”Kami melakukan tindakan khinat darurat kepada warga tersebut dan prosedur tersebut berlangsung 1 jam dengan tanpa adanya hambatan, yang bersangkutan hanya perlu kontrol ke pos kami tiga hari kemudian untuk mengganti verban,” ujar dr. Roldus Andy Bunga  

Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Roldus Andy Bunga menyampaikan, bahwa khitan atau sunat ini dalam dunia medis memiliki banyak manfaat terutama kesehatan saluran reproduksi pria sekaligus mencegah infeksi saluran kemih, kami sangat senang dapat membantu warga selain itu juga kami sering melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang datang ke pos. “Ke depannya akan terus kami lakukan untuk memberi manfaat kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Dansatgas Yonif 527/BY menekankan kepada seluruh jajarannya untuk memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan atau bantuan kepada masyarakat di wilayah binaannya masing-masing, sehingga manfaat dan keberadaan Satgas Yonif 527/BY dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Khitan yang dilakukan ke salah satu warga di Kelurahan Madi merupakan suatu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar dan dapat memberikan manfaat kepada Masyarakat sekitar Pos Kotis,” ujar Letkol Inf Ragil Jaka Utama.

Antonius menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif 527/BY karena dengan cepat datang mengecek kondisinya. "Terima kasih Bapak TNI, saat itu dan melakukan operasi sehingga saya saat ini sudah disunat dan dokter pun telah memberikan obat anti nyeri sehingga saya tidak merasa nyeri sama sekali,” tandas Antonius Gobay gembira. (Yonif527/Ana)

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar